Tips Umrah Bersama Anak

PAKET UMROH JOGJA – PAKET HAJI JOGJA – WISATA RELIGI JOGJA

Tips Umrah Bersama Anak

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi orang tua ketika membawa anak ketika umroh ialah ketidaknyamanan sang anak ketika melaksanakan umroh. Bersamaan dengan liburan anak, biasanya orang tua mengajak anaknya turut serta untuk melaksanakan ibadah umroh. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama perjalanan yang dapat membantu agar perjalanan umroh bersama anak berjalan dengan lancar;

 

  1. Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan ibadah umroh dengan anak biasanya berlangsung ketika anak-anak libur sekolah di bulan desember atau Januari. Cuaca di bulan desember relatif sejuk. Desember di Arab Saudi adalah awal musim dingin, bahkan kadang-kadang Hujan atau GERIMIS.

Sedangkan di bulan Juni dan sesudahnya cuaca di Arab Saudi adalah musim panas. Anak-anak akan merasa tidak nyaman dan kepanasan. Jangan sampai niat orang tua untuk memperkenalkan ibadah umroh pada anak membuat anak tidak nyaman.

Umroh adalah pilihan yang tepat bagi umat Islam, Berpahala dan dengan mengajak anak melaksanakan ibadah umroh bersama orang tua. Orang tua juga dapat menanamkan kisah-kisah spiritual Nabi Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS, sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW, dll kepada Anak.

  1. Jika anak-anak berusia lebih dari 5 tahun dan sehat maka perjalanan umroh Anda relatif mudah, tetapi jika anak-anak yang dibawa dalam perjalanan umroh di bawah usia 5 tahun perlu mendapat perhatian khusus. Jangan pergi sendirian dengan membawa lebih dari satu anak. Hal ini akan menciptakan banyak masalah bagi orang tua, Anak-anak mungkin bisa saja tersesat.
  2. Cek penerbangan apa yang digunakan ketika akan melaksanakan ibadah umroh. Anak-anak ketika di dalam pesawat dengan waktu penerbangan yang cukup lama akan merasa bosan. Orang tua juga harus mempersiapkan agar anak-anak tetap dapat nyaman bahkan ketika di dalam pesawat.
  3. Pilih jarak hotel yang dekat. Jarak hotel yang dekat dengan masjid akan memudahkan baik bagi orang tua ataupun anak.
  4. Salah satu ritual yang paling penting dari Umroh adalah melakukan Tawaf dan Sa’i. Jika Anda melakukan umroh dan membawa anak saat melakukan Tawaf tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi jangan memaksakan untuk dapat mencium hajar aswad. Untuk anak-anak dapat menyewa kursi roda ketika melaksanakan Tawaf dan Sa’i.
  5. Pastikan anak-anak Anda memakai ID atau tanda pengenal, lengkap dengan nama orang tua, nama hotel, nomor kontak, nomor paspor. Anak-anak yang lengah dari pengawasan orang tua biasanya ditemukan oleh keamanan Masjid.
  6. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan anak. Seperti, setelah shalat Subuh, anak-anak dapat Anda ajak untuk memberi makan burung-burung. Hal ini akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi anak. Orang tua juga harus tahu kondisi anak, agar anak tidak merasa kelelahan ataupun merasa bosan.

Membawa serta anak-anak dalam ibadah umroh dapat membawa anak-anak lebih dekat dengan Islam dan juga bermanfaat bagi anak di masa depan.

PAKET UMROH JOGJAPAKET HAJI JOGJA WISATA RELIGI JOGJA – Sumitra Tour adalah perusahaan bidang pelayanan perjalanan wisata untuk wisata jalan-jalan, wisata ziarah, ticketing domestik dan international. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.sumitratour.com/ | HOTLINE: (0274) 884972 / 08562551800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *