Tips Selama Beribadah Umroh

PAKET UMROH JOGJA – PAKET HAJI JOGJA – WISATA RELIGI JOGJA

Tips Selama Beribadah Umroh

Selama mengerjakan ibadah-ibadah, baik yang Sunnah maupun yang Wajib di dalam perjalanan kita di Tanah Suci, kita akan menemukan banyak hal yang membingungkan atau belum kita ketahui. Berkenaan dengan situasi terakhir di masjid nabawi dan msjidil Haram, berikut beberapa hal yang perlu diantisipasi oleh jemaah selama perjalanan umrah yaitu:

  1. Masjidil Haram yang sekarang sedang dalam proses pembangunan dan perluasan membuat areal tawaf di depan Ka’bah menjadi terbatas. Carilah waktu dan kesempatan di saat senggang untuk melaksanakan tawaf sunah. Jemaah juga bisa memanfaatkan areal lantai 3 di bundaran areal tawaf yang baru selesai dibangun.
  2. Akibat proses pembangunan dan pembongkaran di area seputaran Masjidil Haram, maka jalan-jalan menjadi sempit sehingga akan mengantri. Waspadalah akan barang-barang Anda dari para pencuri yang memanfaatkan kesempatan. Sebaiknya menunggu sebentar setelah selesai shalat fardhu di Masjidil Haram, kemudian keluar sampai situasi tidak terlalu padat.
  3. Untuk bisa melakukan shalat Jumat di masjidil haram atau Masjid Nabawi sekurang-kurangnya dua jama sebelum pelaksanaan shalat Jumat sudah berada di masjid.
  4. Supaya ibadah lebih khidmat, khusyuk, dan tenang, maka pilihlah tempat shalat yang tidak banyak dilalui jemaah lain.
  5. Alas kaki / sandal di bawa ke dalam masjid dengan dibungkus plastik bersih.
  6. Makanan, rokok, korek api, benda tajam tidak boleh dibawa masuk ke dalam masjid.
  7. Membawa uang seperlunya ke masjid terutama waktu tawaf dan sa’i.
  8. Untuk minum, Zamzam selalu tersedia di setiap sudut masjid atau jalan masuk ke masjid. Bawalah botol atau wadah air yang tidak terlalu besar untuk dibawa ke hotel.
  9. Di Masjidil Haram pintu masuk laki-laki dan perempuan sama sedangkan pintu masuk di Masjid Nabawi antara laki-laki dan perempuan berbeda.
  10. Wanita hendaknya selalu menggunakan kaus kaki.
  11. Jemaah wanita akan diperiksa secara ketat ketika masuk ke dalam Masjid Nabawi, tidak diperkenankan membawa masuk kamera dan handphone.
  12. Proses imigrasi, pemeriksaan, penyelesaian administrasi serta pemeriksaan paspor biasanya lama dan membosankan.
  13. Barang bawaan sebaiknya diberi identitas khusus agar mudah dikenal.
  14. Bahan pakaian terbaik di musim panas adalah bahan katun berwarna putih.

 

Tips menyimpan uang

  1. Tukar dengan uang pecahan kecil
  2. Jangan letakkan uang di satu tempat
  3. Jangan membuka dompet di tempat umum
  4. Jika banyak, titipkan di safety box
  5. Jika ke masjid bawalah uang secukupnya.

 

Tips Agar tidak tertipu

  1. Waspadai orang yang baru Anda kenal dan ingin meminjam handphone atau kamera Anda! Banyak penipu yang melancarkan aksi dengan modus meminjam barang-barang kita. Mereka biasanya meminjam barang-barang tersebut saat akan melakukan shalat jemaah. Setelah shalat jemaah selesai, mereka hilang begitu saja.
  2. Waspadai juga orang yang mengaku kehilangan barang-barang miliknya dan ingin meminjam atau meminta sesuatu dari kita. Modus penipuan seperti ini sudah sering memakan korban.
  3. Jangan memberi sapeser pun uang pada orang yang baru Anda kenal dan menawarkan diri untuk mengantarkan Anda membeli kebutuhan.
  4. Waspadai orang yang bersikap baik, banyak yang mencoba hipnotis dengan pura-pura kenalan dan bersalaman.

 

Tips Ketika di Hotel

  1. Bawalah kartu pengenal Anda dan kartu nama hotel atau catat di kertas, nama dan alamat hotel sehingga ketika Anda tersesat akan mudah menanyakan kepada orang lain.
  2. Mandi 2-3 jam sebelum waktu shalat.
  3. Jangan naik lift sendirian terutama jemaah wanita
  4. Simpan barang-barang di temapat yang aman
  5. Matikan listrik jika pergi.
  6. Pastikan pintu kamar Anda terkunci ketika akan meninggalkan kamar

PAKET UMROH JOGJAPAKET HAJI JOGJA WISATA RELIGI JOGJA – Sumitra Tour adalah perusahaan bidang pelayanan perjalanan wisata untuk wisata jalan-jalan, wisata ziarah, ticketing domestik dan international. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.sumitratour.com/ | HOTLINE: (0274) 884972 / 08562551800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *