Ternyata, Bali Punya Wisata Religi Islam

Ternyata, Bali Punya Wisata Religi Islam


Adalah hal biasa jika menengok Bali sebagai pusat agama Hindu di Indonesia terbesar beserta kebudayaan dan ritual-ritualnya yang menjadi daya tarik wisatawan. Bali menyimpan banyak pura untuk ibadat umat Hindu. Beberapa diantaranya menjadi tujuan wisata seperti Pura Besakih, Pura Tanah Lot dan sebagainya.

Namun pernahkah Anda mengunjungi suatu kawasan di Bali yang menjadi simbol kerukunan lima agama di Indonesia?

Ya, faktanya memang ada yakni di daerah Nusa Dua, Badung bernama Puja Mandala. Di kawasan ini terdapat lima tempat peribadatan agama Islam, Hindu, Budha, Katolik dan Kristen. Bangunan tersebut berdiri berdampingan sebagai bentuk toleransi nyata warga Bali. Puja Mandala resmi dibuka pada tahun 1997 sebagai tempat wisata religi. Nah, kawasan wisata Islam di daerah ini berpusat di Masjid Agung Ibnu Batutah.

Masjid Agung Ibnu Batutah pada awalnya didirikan untuk memfasilitasi umat muslim yang ada di Nusa Dua. Luas seluruh area masjid dan bangunan yaitu 3000 meter persegi. Karena sering menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang ingin istirahat dan sholat akhirnya masjin ini bisa dikenal di seluruh Indonesia.

Biasanya masjid ini ramai dikunjungi wisatawan pada waktu siang saat sholat shuzur dan sore hari saat sholat Ashar sampai pukul 4. Wisatawan juga tidak hanya melakukan sholat saja namun juga ikut menikmati arsitektur dari bangunan masjid. Bangunan ini bernuansa tradisional modern dan terletak di perbukitan sehingga memiliki pemandangan yang indah.

Di Masjid ini oleh Takmir Masjid dibangunkan sebuah lembaga pusat pendidikan Al-Qur’an atau Mihrab Qur’an. Bangunannya terdiri dari 6 lantai dengan luas seluruhnya 660 meter. Lembaga ini menjadi pusat pendidikan, pelatihan, pemahaman, perpustakaan tentang Al-Qur’an dan terbesar di wilayah Bali.

Berkunjung ke kawasan ini memang sangat menarik, sebab Anda tidak hanya dimanjakan dengan wisata pemandangan dan pengetahuan namun juga sebagai wisata ruhani mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu Puja Mandala juga menjadikan wisatawan tahu makna toleransi antar umat beragama, tidak hanya di Bali namun juga bisa dilakukan diseluruh wilayah Indonesia.

PAKET UMROH JOGJA PAKET HAJI JOGJAWISATA RELIGI JOGJA – Sumitra Tour adalah perusahaan bidang pelayanan perjalanan wisata untuk wisata jalan-jalan, wisata ziarah, ticketing domestik dan international. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.sumitratour.com/ | HOTLINE: (0274) 884972 / 08562551800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *