Sheikh Zayed Masjid Megah Di Abu Dhabi

Sheikh Zayed Mosque


Abu Dhabi – merupakan salah satu emirates dari United Arab Emirates yang terdiri dari Abu Dhabi, Dubai  Ajman, Fujairah, Ras al – Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiwain. Diantara emirates tersebut yang paling terkenal adalah Dubai dengan palm island nya yang begitu tersohor ke seluruh dunia. Unite Arab Emirates terletak di barat daya Asia dan dikelilingi Teluk Oman dan Teluk Persia dan diapit diantara Oman dan Arab Saudi.

Dulunya daerah tersebut merupakan daratan yang kering kerontang dan mempunyai padang pasir yang luas dan gunung – gunung disebelah timur. Unites Arab Emirates menjadi negara paling kaya karena hasil dari minyak dan gasnya hampir 33% GDP United Arab Emirates itu sendiri. Dilihat dari letaknya sangat strategis menjadikan tempat persinggahan ekspor impor minyak ke seluruh dunia.

Hal ini menjadikan United Arab Emirates mendapatkan julukan kota termahal keempat di dunia bagi para expat pada tahun 2014 bedasarkan survey yang dilakukan Marcer, merupakan kota termahal keempat di dunia bagi para expat pada tahun 2014 berdasarkan survey yang di lakukan oleh Mercer. Abu Dhabi juga merupakan kota terpadat penduduknya di UAE setelah Dubai.

Selain Dubai yang terkenal dengan Palm Island nya, Abu Dhabi juga tersohor akan keindahan dan kota termahal di dunia. Sehingga menjadikan perkembangan dan pembangunan kota Abu Dhabi menjadi bukti dan tolok ukur kekayaan dari Abu Dhabi itu sendiri. Salah satu landmark Abu Dhabi yang megah salah satunya adalah Masjid Sheikh Zayed. Walaupun ada beberapa tempat yang indah yang wajib kamu kunjungi saat kamu berada di Abu Dhabi antara lain Emirates Palace, Yas Waterworld, Ferrari World, Sheikh Zayed Grand Mosque dan lain-lain. Kali ini kami akan mengajak anda untuk berkeliling mengitari dan menelusuri keindahan Masjid Agung Sheikh Zayed. Yuk kita simak ulasan berikut ini.

Asal Usul Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

Masjid Agung Sheikh Zayed merupakan masjid terbesar ketiga di dunia setelah masjid yang berada di Mekah dan Madinah Arab Saudi. Masjid ini dibangun atas ide dan perintah dari presiden pertama UAE, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan dan setelah beliau wafat pada tahun 2004, masjid ini diberi nama sesuai dengan nama beliau.

Masjid Agung Sheikh Zayed mulai di bangun pada tahun 1996 dengan biaya 2.5 triliun dirham kala itu. Di bangun diatas 11 meter batas atas laut dan 9.5 meter diatas batas atas dataran dengan tujuan dapat jelas terlihat dari segala penjuru arah. Lokasinya juga beliau yang menentukan yaitu diantara Musaffah Bridge dan Maqta Bridge Abu Dhabi.

Luas areanya sekitar 22.412 meter persegi. Bangunannya sepanjang 420 meter dengan lebar 290 meter. Mampu menampung lebih dari 40.000 jemaah dengan 7.126 jemaah di ruangan utamanya. Pembangunan masjid ini menggunakan 33.000 ton baja dan 250.000 m3 beton dibangun diatas 6.500 pondasi.

Sebanyak 38 perusahaan kontraktor dilibatkan dalam pembangunan masjid Sheikh Zayed ini dengan mengerahkan sebanyak 3.500 pekerja untuk merealisasikan proyek ini selama hampir 12 tahun. Akhirnya pada tanggal 20 Desember 2007 Masjid Sheikh Zayed resmi di buka untuk umum dan mulai digunakan untuk beribadah.

Arsitektur Masjid Agung Sheikh Zayed

Desain dan pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed menggunakan bahan-bahan dan pengrajin dari berbagai negara seperti India, Italia, Jerman, Maroko, Pakistan, Turki, Malaysia, Iran, Cina, Inggris, Selandia Baru, Yunani dan UAE sendiri. Bahan-bahan yang dipilih juga terbilang sangat kokoh dan tahan lama termasuk batu marmer, emas, batu semi mulia, kristal dan keramik.Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed menggunakan struktur beton kemudian di dekorasi dengan marmer putih murni dari italia dan yunani yang konon merupakan marmer putih termurni di dunia. Sementara untuk arsitektur masjid Sheikh Zayed terinspirasi oleh Persia, Mughal dan arsitektur masjid Moor, terutama Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan, dan Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko.

Tata letak kubah dan lantai masjid ini terinspirasi oleh Masjid Badshahi dan arsitekturnya terinspirasi oleh Persia, Mughal dan Moor. Lengkungan kubah nya terinspirasi oleh Moor dan menaranya berdasarkan inspirasi dari Arab klasik. Sehingga desain masjid Sheikh Zayed dapat digambarkan sebagai perpaduan dari Arab, Persia, Mughal dan Moor. Setiap desain elemennya dibuat dengan sangat hati-hati dan dipertimbangkan betul-betul agar sesuai dengan visi keseluruhan masjid sheikh zayed.

Marmer

Marmer putih merupakan kharakteristik Masjid Agung Sheikh Zayed yang membedakannya dari masjid yang lain. Almarhum Sheikh Zayed menyukai warna putih karena menganggap warna putih merupakan simbol kemurnian dan kesalehan.

Bangunan masjid Sheikh Zayed berlapiskan marmer putih pada permukaan luarnya. Sebanyak 115.119 meter persegi Marmer Sivec yang sebagian besar digunakan untuk lapisan bagian luar Masjid Sheikh Zayed termasuk menaranya berasal dari Prilep, Macedonia. Sedangkan bagian internal masjid menggunakan marmer Lasa dari Laas, Shouth Tyrol Italia. Marmer Makrana dari Makrana, India dipakai di bangunan tambahan dan juga kantor.

Kubah

Terdapat 82 buah kubah masjid dengan 7 ukuran yang berbeda. Dan kubah utama masjid Sheikh Zayed ini merupakan kubah masjid terbesar di dunia dengan tinggi 85 meter dan diameter 32.2 meter. Kubah terbesar letaknya di tengah-tengah masjid tepatnya diatas ruang doa utama atau main hall. Kubah ini berlapiskan marmer putih.

Diatas kubah berhias “mahkota” berwarna emas memanjang yang bentuknya seperti bawang 3 buah mengecil keatas dan diperindah dengan hiasan bulan sabit terbuat dari kaca emas. Di bagian bawah kubah terdapat jendela-jendela berbentuk memanjang dengan bagian atasnya melengkung khas masjid, berjajar-jajar mengeliling untuk memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam.

Sebanyak 14 kubah berkaca hijau ditempatkan diatap ruangan wudhu bawah tanah untuk perempuan dan laki-laki. Kubah tersebut dapat dilihat di lantai dasar yang merupakan bagian penting dari taman islam masjid.

Kolom

Halaman masjid di kelilingi oleh kolom sebanyak 1.048 buah, yang indah dari marmer putih dengan hiasan bunga warna warni pada batang tiangnya diperindah dengan ornamen dari emas diujungnya berbentuk daun palm dengan batang pohon palm.

Kemudian pada atap kolom berukir bunga-bunga indah. Di sekeliling kubah bagian dalam terukir ayat-ayat al quran dengan warna emas, jendela-jendelanya berhias indah dengan bentuk dua desain yang berbeda. Dan atap kubah bagian dalam juga berukir indah karya seni khas moroko yang membentuk beberapa kombinasi ornamen.

Menara

Memiliki 4 menara dengan ketinggian 107 meter. Berlapiskan marmer putih bersih. Pada bagian bawahnya berbentuk persegi dengan dua tingkat terdapat pintu dan balkoni berpagar warna emas. Bagian atasnya terdapat tiga desain yang berbeda dimana terdapat semacam balkoni dikelilingi pagar bernuansa emas.

Sementara pucuk menara terdapat satu “mahkota emas” berbentuk bawang mengecil keatas dilengkapi dengan ornamen berbentuk bulan sabit seperti yang terdapat pada kubah.

Lantai

Lantai bagian kolom dan halaman masjid Sheikh Zayed juga terbuat dari marmer putih yang berhias bunga warna warni indah. Luas lantai halaman masjid sekitar 17.000 meter persegi yang mana merupakan contoh marmer dekor terluas di dunia. Dan pada halaman itu sendiri merupakan halaman terbuka terluas di dunia di dalam masjid.

Kolam

Kolam di sepanjang luar kolom membuat masjid Sheikh Zayed menjadi lebih mengagumkan. Dasar kolam berwarna biru dengan desain lantai yang berbeda membuat air di kolam terlihat jernih.

Sistem Pencahayaan Bulan

Masjid Agung Sheikh Zayed terlihat sangat spektakuler terutama di malam hari dimana terdapat pencahayaan yang luar biasa indah bernuansa bulan dengan warna abu-abu dan warna awan sehingga memungkinkan bagian luar masjid ini dapat berubah warna setiap malamnya sesuai dengan kemunculan bulan.

Dimulai dengan fase bulan sabit dimana cahaya sedikit gelap hingga fase bulan purnama dimana warna akan menjadi lebih terang cemerlang. Terdapat 22 buah menara proyektor yang khusus untuk sistem pencahayaan ini.

PAKET UMROH JOGJAPAKET HAJI JOGJAWISATA RELIGI JOGJA – Sumitra Tour adalah perusahaan bidang pelayanan perjalanan wisata untuk wisata jalan-jalan, wisata ziarah, ticketing domestik dan international. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.sumitratour.com/ | HOTLINE: (0274) 884972 / 08562551800

86_img1

kasman_abudhabi_05

unnamed

masjid-sheikh-zayed-bin-sultan-al-nahyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *