Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Hendak Pergi Umroh

Bagi Anda yang sebentar lagi mendapatkan keberuntungan bisa pergi ke Tanah Suci untuk beribadah umroh ataupun haji, pastinya sudah disibukkan dengan mempersiapkan perlengkapan umroh dan haji yang harus dibawa. Biasanya ketika mendapatkan bimbingan oleh biro perjalanan seperti pada pelaksanaan manasik mereka sudah memberikan informasi barang apa saja yang harus dibawa.

Perlengkapan-Umroh-Yang-Harus-Di-Bawa

Agar perlengkapan umroh yang harus Anda bawa tidak ada yang tertinggal, lakukan packing minimal dua atau tiga pekan sebelum keberangkatan. Sehingga jika ada barang yang kurang masih memiliki waktu untuk membelinya. Packing jauh-jauh hari juga dilakukan untuk memastikan barang tidak ada yang tertinggal. Packing yang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan bisa membuat perlengkapan umroh banyak yang tertinggal. Packing yang tergesa-gesa membuat kita sering melupakan barang apa saja yang harus dibawa.

Untuk jamaah laki-laki perlengkapan umroh terdiri dari 2 lembar kain ihram (1 dipakai dan 1 lagi sebagai cadangan). Kain ihram ini wajib dibawa karena menjadi salah satu rukun dalam menjalankan umroh dan haji. Tanpa pakaian ihram maka tidak sah ibadah tersebut. Kain ini bisa Anda dapatkan dari toko perlengkapan umroh dan haji yang kini sudah banyak tersedia di kota besar maupun kecil. Biasanya biro perjalanan sudah memasukkan kain ihram ini dalam paket perjalanan sehingga Anda tidak perlu membelinya. Hanya saja menyiapkan kain ihram cadangan sangat disarankan. Jika kain ihram satunya terkena najis atau kotor, masih ada kain ihram cadangan sehingga akan membuat ibadah umroh tidak terganggu. Sedangkan untuk jamaah wanita, bawalah 3 buah mukena yang juga wajib hukumnya dipakai ketika memulai ihram di miqat.  Perlu di ingat bahwa sekarang ini ada sebuah pinjaman tanpa agunan yang bisa Anda gunakan untuk biaya umroh Anda bersama keluarga Anda selama menjalankan ibadah umroh di tanah suci.

Selain pakaian wajib di atas, Anda juga harus membawa beberapa perlengkapan pendukung baik baju, celana, dan juga perlengkapan pendukung lainnya. Untuk lebih jelasnya, perlengkapan pendukung ibadah umroh dibedakan menjadi beberapa jenis.

Perlengkapan Doa dan Buku Petunjuk

Calon jamaah pastinya dibekali dengan buku kumpulan doa dan petunjuk pelaksanaan ibadah umroh dari biro perjalanan. Pastikan untuk membawa buku tersebut ke Tanah Suci. Banyaknya doa yang harus dibaca membuat banyak jamaah yang tidak hafal seluruh doa. Padahal doa tersebut harus dibaca dalam proses ibadah umroh. Betapa susahnya jika buku tersebut tertinggal dan Anda tidak menghafal seluruh doa itu. Buku doa ini biasanya berukuran kecil dan diberi tali sehingga memudahkan untuk membawanya dengan dikalungkan ke leher. Ukurannya yang kecil sering membuat benda ini terlupa sehingga pastikan kembali barang ini tidak tertinggal.

Selain buku doa, bawalah tasbih baik tasbih biasa atau tasbih digital. Untuk kemudahan, pilihlah tasbih digital karena Anda tidak perlu mengingat hingga berapa jumlah dzikir yang Anda baca. Untuk mengetahuinya Anda cukup melihat berapa angka yang tertera di tasbih digital. Bawalah juga peta kota Mekkah khususnya di kawasan Masjidil Haram. Luasnya kawasan ini membuat jamaah sering tersesat. Oleh sebab itu dengan adanya peta tersebut dapat menolong jamaah ketika tersesat karena terpisah dari rombongan.

Obat-obatan Pribadi

Biro perjalanan sebagai lembaga yang membawa Anda menuju Tanah Suci sudah pasti menyediakan perlengkapan kesehatan sebagai pertolongan pertama jika terjadi masalah kesehatan pada jamaah. Tapi perlengkapan kesehatan yang disediakan tentunya tidak semuanya cocok dengan diri Anda. Jadi bawalah obat-obatan pribadi sebagai antisipasi jika Anda terserang penyakit. Bawalah obat yang berbentuk tablet atau kapsul dan hindari membawa obat cair. Benda cair seperti ini biasanya dilarang dibawa dalam perjalanan menggunakan pesawat. Jika dibawapun obat itu akan disita di bandara.

Selain obat-obatan sebagai pertolongan pertama jika tubuh terserang penyakit, bawalah suplemen penambah daya tahan tubuh. Madu atau suplemen lain yang terbuat dari madu dengan bentuk tablet atau kapsul, serta jinten hitam atau biasa dikenal dengan Habbatu Sauda adalah contoh suplemen yang bisa dibawa. Dengan suplemen ini daya tahan tubuh akan terjaga. KTA Udara yang berbeda dengan di tempat asal, serta aktivitas fisik yang lumayan menguras tenaga bisa mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Dengan asupan suplemen yang aman untuk tubuh, kesehatan tubuh Anda dapat terjaga. Tubuh yang bugar akan membuat proses ibadah berjalan dengan lancar.

Perlengkapan Pelindung Diri

Udara panas serta kemungkinan adanya penyakit menular dari udara membuat jamaah harus waspada dalam melindungi diri. Selain suplemen dan obat-obatan pribadi bawalah perlengkapan pelindung diri dari panas dan udara yang membawa penyakit. Masker sebagai pelindung dari udara yang tercemar, payung kecil dan kacamata hitam sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari, sarung tangan sebagai pelindung tangan serta sandal untuk alas kaki bisa Anda bawa. Perlengkapan ini dianjurkan untuk dibawa untuk melindungi tubuh jamaah dari penyakit dan panas yang menyengat. Masker menjadi benda wajib sejak tahun 2014 karena kemungkinan penyakit MERS yang menyerang jamaah yang menular melalui udara.

Perlengkapan Mandi

Perjalanan ibadah umroh dari berangkat hingga pulang kembali ke tanah air memerlukan waktu minimal 8 hari. Oleh sebab itu perlengkapan mandi harus dipersiapkan. Bawalah sabun, sikat gigi dan odol, shampoo, serta handuk. Satukan perlengkapan mandi ini dalam satu wadah sehingga memudahkan Anda dalam mencarinya. Bawa juga perlengkapan kosmetik seperti lotion dan krim untuk mencegah kulit Anda menjadi kering dan kasar. Udara panas di Tanah Suci bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan tentunya akan membuat Anda tidak nyaman. Membawa wewangian diperbolehkan asal tidak digunakan ketika masih di dalam waktu ihram. Karena pada waktu ihram penggunaan wewangian haram dilakukan.

Peralatan Komunikasi

Saat ini perlengkapan komunikasi tidak bisa dijauhkan dari seseorang. Pun begitu dengan jamaah umroh, handphone menjadi benda wajib untuk dibawa. Membawa handphone memudahkan Anda untuk menghubungi sanak saudara yang ada di rumah. Agar komunikasi bisa terjalin meskipun jarak berjauhan, bawalah handphone beserta charger-nya. Jika memungkinkan bawalah baterai cadangan atau powerbank sehingga Anda tidak takut kehabisan baterai di tengah jalan. Siapkan juga kartu perdana dengan nomor Saudy atau kartu lokal yang sudah mendukung untuk digunakan di Tanah Air. Daftarkan kartu tersebut sehingga dapat digunakan untuk menghubungi keluarga di rumah. Atau jika handphone Anda sejenis iPhone atau android, belilah paket internet sehingga Anda dapat menghubungi keluarga menggunakan layanan video call seperti Skype.

 

Itulah beberapa perlengkapan umroh yang perlu Anda siapkan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Perlengkapan yang terbawa semua dapat membuat ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *