Kemegahan Masjid Agung Al Aqsha Klaten

Kemegahan Masjid Agung Al Aqsha Klaten

Sebuah masjid difungsikan sebagai tempat ibadah sholat dan kegiatan keagamaan lainnya. Kemegahan yang tergambar di Masjid Agung Al Aqsha Klaten justru sempat membuat deg-degan Khatib yang mengisi khutbah pada sholat Jumat waktu itu.

Hasil gambar untuk masjid agung al aqsha klaten

Masjid Agung Al Aqsha Klaten dibangun dengan menggunakan arsiterktur persia. Masjid ini kini banyak dikunjungi wisatawan yang mampir sholat di masjid ini sekaligus mengangumi keindahan arsitektur yang disuguhkan. Mereka terkagum-kagum dengan kemegahan masjid yang disebut-sebut mirip Masjid Nabawi ini.

Masjid Agung Al Aqsha Klaten menjadi salah satu icon kebanggaan di Klaten. Letaknya yang begitu strategis di pinggir Jl. Raya Jogja-Solo membuat Masjid Agung Al Aqsha Klaten begitu mudah di temukan. Dari jalan sudah terlihat jelas keindahan dan kemegahan yang mempesona yang mampu memikat setiap orang yang melihat.

Masjid Agung Al Aqsha Klaten memiliki area parkir yang cukup luas dan terlihat beberapa titik yang nantinya kan dibuat semacam taman dan ditanami pohon. Tempat untuk wudhu berada dibagian luar masjid. Bagian depan masjid memiliki pintu depan yang berukuran besar dan berwarna kuning keemasan.

Pintunya Waaaarrrbiyasaaa 😚 #masjidagungalaqshaklaten

Di dalam juga ternyata ada tempat wudhu. Bagian ruang utama masjid untuk ibadah ada di lantai dua dan tiga, dan kita harus menaiki anak tangga yang cukup tinggi untuk menuju lantai dua.

Gambar terkait

Saat menuju ke arah depan di lantai dua atau ruang utama masjid ini, kita akan melihat beberapa pemandangan menarik. Di sebelah kanan lokasi imam, terdapat mimbar dari kayu yang cukup tinggi. Di sisi kiri imam, terdapat jam dinding.  Jamaah yang mengunjungi masjid ini juga disuguhi pemandangan ornament mihrab yang unik. Mihrab ini cukup tinggi dan dilengkapi tulisan arab Al-Fatihah dan Al-Isra’ berwarna kuning emas. Di bagian mihrab, terdapat tulisan Al-Aqsha yang menandakan nama masjid. Di bagian kanan mihrab terdapat tulisan “Allah SWT” dan di bagian kiri mihrab terdapat tulisan Muhammad SAW.

Pencahayaan di bagian tengah masjid lebih terang dibandingkan sudut-sudut masjid. Hal itu kayaknya disebabkan di tengah masjid terdapat kubah berukuran besar yang dilengkapi beberapa ventilasi udara dan cahaya. Sehingga sinar matahari mampu menerangi lantai masjid melalui ventilasi tersebut. Kubah utama masjid ini dilengkapi dengan tulisan kaligrafi bertuliskan Allah SWT di bagian tengahnya dan disekelilingnya terdapat desain ornament yang mengelilinginya. Di lantai dua ini juga terdapat bedug berukuran cukup besar. Di lantai tiga juga adalah area yang dapat digunakan untuk sholat.

Tiang-tiang masjid pun terlihat cukup besar dan elegan menopang bagian dalam masjid ini. Di bagian luar masjid masih ada menara utama masjid yang masih dalam pembangunan. Meskipun belum selesai pengerjaannya banyak pengunjung dan jamaah yang belselfie ria karena keindahan arsitekturnya.

Hasil gambar untuk keindahan masjid agung al aqsha klaten

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *