Ini yang Harus Dilakukan Saat Berwisata Religi

PAKET UMROH JOGJA – PAKET HAJI JOGJA – WISATA RELIGI JOGJA

Ini yang Harus Dilakukan Saat Berwisata Religi

Mengunjungi tempat-tempat religi termasuk salah satu kegiatan menyenangkan. Dengan berwisata religi, bukan hanya akan mendapat pengalaman baru tetapi kerap membekaskan kesan spiritual tersendiri dan bisa jadi meningkatkan kadar keimanan kita. Selain itu ada pula yang rasa toleransi beragamanya semakin besar karena mengetahui lebih banyak tentang ibadah pemeluk agama lain.

Wisata yang satu ini tergolong spesial, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila kita mengunjungi wisata religi, hal-hal yang tidak bisa seenaknya dilakukan seperti saat kita jalan-jalan ke tempat wisata lainnya, biasanya ada sejumlah peraturan khusus yang wajib ditaati saat mengunjungi tempat wisata religi. Berikut beberapa tips saat kita mengunjungi tempat wisata religi.

 

  1. Berusaha Mencari Informasi

Bila Anda berkeinginan mengunjungi tempat wisata religi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata tersebut, bisa melalui media internet, info dari teman, sahabat, atau kerabat yang pernah berkunjung ke tempat wisata religi ini. Dapatkan info tentang jam operasional tempat wisata religi, agar mengetahui jam berkunjung yang pasti. Jangan lupa sebisa mungkin mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kita berkunjung, sehingga kita bisa benar-benar menjaga sikap dan ucapan kita.

 

  1. Berpakaian yang Sopan

Tidak ada aturan baku kita harus berpakaian apa saat mengunjungi tempat wisata ini, namun bila berencana mengunjungi tempat wisata religi, sebaiknya kita mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup untuk tetap menjaga norma kesopanan dan kesucian tempat wisata religi yang kita kunjungi. Pergunakan juga kaos kaki sebagai penutup kaki, karena ada beberapa tempat wisata religi yang menerapkan aturan dilarang menggunakan alas kaki saat berada dalam wilayah wisata religi ini. Bawalah plastik untuk menyimpan sepatu atau sandal Anda.

 

  1. Bersikap Sopan dan Menghormati Orang Lain

Tempat wisata ini dikhususkan untuk semua orang yang berkeinginan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan diyakini sebagai lokasi yang sakral. Menjaga ketenangan dan bersikap sopan adalah hal penting. Suasana tenang dan khidmat harus benar-benar tetap dijaga, agar tidak mengganggu pengunjung lain yang sedang khusuk beribadah, termasuk jangan makan dan minum di dalam tempat wisata meski tidak ada aturan yang melarang.

 

  1. Jaga Kebersihan

Selain menjaga kesopanan, jagalah juga kebersihan tempat wisata religi yang dikunjungi. Jangan buang sampah sembarangan yang akan merusak nilai estetika, kesakralan dan nilai sejarah penting dari destinasi wisata religi yang Anda tuju, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

 

  1. Pelajari Semua Sebagai Sarana Menambah Pengetahuan

Esensi liburan tidak hanya untuk bersenang-senang dan melepas penat, pun jika tujuan wisata Anda adalah ke tempat wisata religi. Sebaiknya jangan hanya berfoto, tetapi pahami pula seluk-beluk tempat tersebut. Misalnya, sejarahnya, siapa saja yang pernah berhubungan erat dengan tempat itu, atau mengapa tempat itu dianggap penting. Dengan demikian, pengetahuan Anda bertambah.

 

  1. Tidak Memotret Sembarangan

Hormatilah orang lain yang juga punya kepentingan sendiri saat sedang berwisata, jangan memotret sembarangan dari dekat orang yang sedang beribadah ataupun yang sedang ziarah.

Gunakanlah zoom jika ingin memotret kegiatan tanpa mengganggu orang yang beribadah. Minimalisir penggunaan blitz agar tidak mengganggu orang lain.

 

  1. Sumbangan atau Cinderamata

Ada kalanya tempat wisata religi menyediakan kotak sumbangan sukarela, tak ada salahnya Anda memberikan sumbangan. Bantuan Anda, sedikit atau banyak, akan mempengaruhi kelestarian tempat tersebut. Sumbangan bisa juga diberikan dalam bentuk membeli cenderamata yang ditawarkan pengelola tempat wisata.

PAKET UMROH JOGJAPAKET HAJI JOGJA WISATA RELIGI JOGJA – Sumitra Tour adalah perusahaan bidang pelayanan perjalanan wisata untuk wisata jalan-jalan, wisata ziarah, ticketing domestik dan international. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.sumitratour.com/ | HOTLINE: (0274) 884972 / 08562551800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *