Hal-hal Dalam Persiapan Umroh

PAKET UMROH JOGJA – PAKET HAJI JOGJA – WISATA RELIGI JOGJA

Hal-hal Dalam Persiapan Umroh

Persiapan Umroh merupakan hal amat penting yang harus kita lakukan ketika hendak menjalankan ibadah ini. Umroh adalah ibadah yang dilakukan di Tanah Suci Mekah, dalam waktu sekitar sembilan hari, dan seluruh rangkaian ritual ibadah harus dilakukan seluruhnya secara tertib.

Menempuh perjalanan yang panjang, menghabiskan hari-hari di suatu negeri dengan cuaca yang sangat berbeda dengan di negeri kita, menjalankan rangkaian ibadah, dan melewatkan waktu dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, semua tentu membutuhkan berbagai persiapan yang matang agar ibadah umrah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Persiapan Materiil

Umroh adalah bentuk ibadah yang untuk dapat melaksanakannya membutuhkan biaya yang relatif besar. Namun, itu bukan satu-satunya dana yang harus kita siapkan ketika hendak menjalankan ibadah umroh.

Masih ada hal-hal lain dalam persiapan umroh terkait dengan masalah keuangan (meteriil) yang harus kita penuhi sebelum berangkat umroh. Persiapan materiil yang harus kita penuhi saat akan menunaikan ibadah umroh, antara lain sebagai sebagai berikut.

 

  1. Menyiapkan dana yang mencukupi saat di Baitullah

Muslim di Indonesia pada umumnya menunaikan umroh dengan bekerja sama dengan biro perjalanan umroh. Oleh karena itu, kita harus membayar biaya umroh sesuai dengan yang ditetapkan oleh biro perjalanan umroh yang kita pilih. Namun, tentu saja bukan hanya dana yang harus kita siapkan. Sebagai persiapan umroh, kita tentu juga harus memiliki dana cadangan untuk uang saku, bersedekah, dan untuk berbagai keperluan selama di Tanah Suci.

 

  1. Meninggalkan harta yang cukup untuk keluarga yang kita tinggalkan

Ketika kita hendak menunaikan ibadah umroh, kita harus meninggalkan harta yang cukup untuk keluarga yang kita tinggalkan. Kita tidak boleh meninggalkan keluarga dalam kondisi kekurangan. Hendaknya jangan menunaikan umroh yang pembiyaannya bisa mengakibatkan keluarga kita mengalami kesulitan, misalnya dengan menjual rumah, tanah, dan aset penting lainnya. Atau, kita berangkat umroh tanpa meninggalkan jaminan kecukupan untuk keluarga yang kita tinggalkan karena keterbatasan finansial kitta. Oleh sebab itu, kita betul-betul harus membuat perencanaan keuangan yang matang sebagai persiapan umroh.

 

  1. Melunasi utang

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kita juga tidak tahu apakah ketika kita menunaikan ibadah umroh, kita akan kembali ke rumah dengan selamat. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menunaikannya sebelum melunasi utang-utang kita. Sebab, jika kita meninggal misalnya dan masih dalam keadaan berutang, tentu ada konsekuensi yang harus kita tanggung di akhirat, meskipun kita meninggal dalam sebuah perjalanan ibadah.

 

  1. Membersihkan harta

Kita harus memastikan bahwa harta yang kita miliki, termasuk yang kita belanjakan untuk membiayai umroh adalah harta yang halal. Sebab, akan sia-sia saja ibadah yang kita lakukan jika harta kita belum bersih dari unsur-unsur yang membuatnya tidak halal.

 

Persiapan Fisik

Persiapan umroh lainnya yang tak kalah penting adalah persiapan kekuatan fisik dan kesehatan. Sebab, kita harus melakukan perjalanan yang jauh, menghadapi cuaca yang sangat panas hingga 40 derajad Celcius, melakukan Thawaf 7 putaran, Sa’i dari Bukit Shafa ke Bukti Marwa yang juga harus dilakukan 7 putaran, perjalanan bolak-balik dari hotel ke masjid, dan sebagainya.

hak tersebut mengharuskan kita berjalan hingga puluhan kilometer setiap harinya. Tanpa fisik yang sehat dan kuat,tentu akan sulit untuk dilakukan.

Fisik yang harus kita persiapkan sebelum umroh, antara lain sebagai berikut.

 

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan memperkuat daya tahan fisik kita. Jadi, sebagai persiapan umroh, kita harus mulai membiasakan diri berolahraga secara teratur.

 

  1. Menjaga pola makan sehat

Pola makan yang baik juga merupakan kunci penting dalam pemeliharaan kesehatan. Jadi, kita pun harus menjaga pola makan agar tubuh kita sehat dan kuat sehingga mampu menjalankan ibadah umroh nantinya.

 

  1. Membiasakan diri banyak mengonsumsi air putih

Faktanya tidak semua orang suka mengonsumsi air putih. Banyak juga orang yang minum air putih dalam jumlah yang sangat sedikit setiap harinya. Kita harus membiasakan diri dalam rangka persiapan umroh untuk banyak mengonsumsi air putih karena ketika menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci Mekah, kita akan menghadapai cuaca yang panasnya esktrem. Jika kita tidak terbiasa minum banyak air, dan kebiasaan tersebut terbawa ketika kita berada di Tanah Suci, kita bisa mengalami dehidrasi yang sangat membahayakan kesehatan.

 

  1. Melakukan general check up

General check up wajib kita lakukan sebagai persiapan umroh sebelum kita berangkat. Dengan melakukan tes kesehatan secara menyeluruh, jika ternyata kita mengalami gangguan kesehatan, akan dapat diketahui secara dini dan diakukan penanganan segera sehingga pada waktunya harus berangkat umroh, gangguan kesehatan tersebut sudah dapat disembuhkan. Jika dari general check up ditemukan bahwa kita mengidap gangguan kesehatan menetap, kita bisa meminta saran dokter apakah kita masih diperbolehkan berangkat umroh. Jika boleh, obat-obatan atau perlengkapan kesehatan khusus seperti apa yang harus kita bawa untuk mencegah penyakit tersebut kambuh di Tanah Suci nantinya.

 

  1. Melakukan pemeriksaan kehamilan

Hal penting dilakukan sebagai persiapan umroh wanita. Segera lakukan pemeriksaan kehamilan sebelum berangkat ke tanah suci. Jika dalam pemeriksaan kita diketahui hamil, kita harus meminta saran dokter apakah kita tetap boleh berangkat atau tidak. Jika menurut dokter kita diijinkan, kita pun harus meminta nasihat mengenai perlengkapan apa yang harus kita bawa dan tindakan-tindakan yang harus kita lakukan agar kehamilan kita tetap aman.

 

  1. Membiasakan diri berjalan jauh di bawah terik matahari

Kondisi inilah yang akan kita hadapi di Tanah Suci nantinya. Agar tubuh kita dapat beradaptasi dengan lingkungan dan aktivitas baru ketika kita menunaikan ibadah umroh, sebaiknya sebagai persiapan umroh musim panas, kita membiasakan diri untuk berjalan jauh di bawah terik matahari

 

  1. Vaksinasi

Melakukan vaksinasi untuk penyakit-penyakit tertentu merupakan prosedur yang wajib dijalankan oleh calon haji dan umroh. Anda tentu juga harus melakukannya dan karena berlaku untuk persiapan umroh wanita dan pria. Vaksin antara lain adalah vaksin maningitis

 

PAKET UMROH JOGJAPAKET HAJI JOGJAWISATA RELIGI JOGJA – Sumitra Tour adalah perusahaan bidang pelayanan perjalanan wisata untuk wisata jalan-jalan, wisata ziarah, ticketing domestik dan international. Untuk Pemesanan KLIK! DISINI http://www.sumitratour.com/ | HOTLINE: (0274) 884972 / 08562551800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *