Dibuat Kagum dengan Fakta Bromo Ini

Anda pasti setuju kalau Gunung Bromo menyimpan keindahan yang tidak akan pernah membuat Anda bosan untuk kembali lagi ke sana. Tetapi, tahukah Anda bahwa selain memiliki pemandangan yang sangat mempesona, Gunung Bromo juga menyimpan banyak fakta unik yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah fakta-fakta unik tentang Gunung Bromo.

Sejarah Terbentuknya Gunung Bromo

 

Secara geografis, Gunung Bromo terbentuk akibat letusan Gunung Tengger (4000 mdpl) yang merupakan gunung tertinggi di kawasan tersebut pada saat itu. Letusan dahsyat yang menciptakan sebuah kaldera dengan diameter lebih dari 8 km.

Letusan berikutnya, mengeluarkan materi vulkanik yang menumpuk di dalam kaldera hingga membentuk lautan pasir yang sekarang menjadi salah satu daya tarik Gunung Bromo. Pada letusan yang kesekian kalinya muncul lorong magma di tengah kaldera sehingga membentuk gunung-gunung baru, salah satunya adalah Gunung Bromo.

Upacara Yadnya Kasada

 

Fakta unik lain yang menjadi daya tarik khas Gunung Bromo adalah adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat suku Tengger yang hidup di kawasan Gunung Bromo. Masyarakat suku Tengger memiliki ritual yang dilakukan secara turun-temurun yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Pada tanggal 14 dan 15 bulan Kasodo (bulan kesepuluh) menurut penanggalan Jawa, masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada, yaitu upacara persembahan untuk para leluhur dan tanda syukur kepada Tuhan. Upacara ini dilaksanakan di sebuah pura yang berada di kaki Gunung Bromo.

Menikmati Matahari Terbit

 

Keindahan yang selalu menjadi daya tarik adalah melihat matahari terbit. Pemandangan matahari terbit hanya bisa disaksikan dari atas puncak Penanjakan. Dari situ Anda akan melihat keseluruhan pemandangan Gunung Bromo dan gunung-gunung di sekitarnya. Waktu yang pas untuk melihat matahari terbit adalah pukul 3:00 pagi hingga 5:00 pagi.

Sejarah letusan Gunung Bromo

 

Gunung Bromo termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia sampai sekarang. Sejak tahun 1974 hingga tahun 2011 tercatat sudah 66 kali Gunung Bromo meletus. Letusan terbesar Gunung Bromo terjadi pada tahun 1974. Berita terbaru adalah pada April 2016, Gunung Bromo masih sering melakukan aktivitas dengan mengeluarkan debu vulkanik.

Wisata Religi di Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Kompleks masjid terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman seluas 7.500 m2.  Masjid Agung Jawa Tengah terletak di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan Daya tarik wisata terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, dan pusat aktivitas syiar Islam. Dengan berkunjung ke masjid ini, pengunjung dapat melihat keunikan arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Roma dan Arab.

 

Arsitektur Jawa terlihat pada beberapa bagian, misalnya pada bagian dasar tiang masjid menggunakan motif batik seperti tumpal, untu walang, kawung, dan parang-parangan. Ciri arsitektur Timur Tengah (Arab) terliat pada dinding masjid dinding masjid yang berhiaskan kaligrafi. Selain itu, di halaman Masjid Agung Jawa Tengah terdapat 6 payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis yang merupakan adopsi arsitektur bangunan Masjid Nabawi yang terdapat di Kota Madinah. Masjid ini juga sedikit dipengaruhi gaya arsitektur Roma. Gaya itu nampak pada desain interior dan lapisan warna yang melekat pada sudut-sudut bangunan.

Selain bangunan utama masjid yang luas dan indah, terdapat bangunan pendukung lainnya. Bangunan pendukung itu di antaranya: auditorium di sisi sayap kanan masjid yang dapat menampung kurang lebih 2.000 orang. Auditorium ini biasanya digunakan untuk acara pameran, pernikahan dan kegiatan-kegiatan lainnya. Sayap kiri masjid terdapat perpustakaan dan ruang perkantoran yang disewakan untuk umum. Halaman utama masjid yang terdapat 6 payung hidrolik juga dapat menampung jamaah sebanyak 10.000 orang.

Keistimewaan lain masjid ini berupa Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower) dengan ketinggian 99 m. Menara yang dapat dilihat dari radius 5 km ini terletak di pojok barat daya masjid. Menara tersebut melambangkan kebesaran dan kemahakuasaan Allah.

Dipuncak menara dilengkapi teropong pandang. Dari tempat ini pengunjung dapat menikmati udara yang segar sambil melihat indahnya Kota Semarang dan kapal-kapal yang sedang berlalu-lalang di pelabuhan Tanjung Emas.

Di masjid ini juga terdapat Al qur`an raksasa tulisan tangan karya H. Hayatuddin, seorang penulis kaligrafi dari Universitas Sains dan Ilmu Al-qur`an dari Wonosobo, Jawa Tengah. Tak hanya itu, ada juga replika beduk raksasa  yang dibuat oleh para santri Pesantren Alfalah Mangunsari, Jatilawang, Banyumas, Jawa Barat.

Di area Masjid Agung Jawa Tengah terdapat berbagai macam fasilitas seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang akad nikah, pemandu wisata, museum kebudayaan Islam, cafe muslim, kios-kios cenderamata, buah-buahan, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga berbagai macam sarana hiburan seperti air mancur, arena bermain anak-anak, dan kereta kelinci yang dapat mengantarkan pengunjung berputar mengelilingi kompleks masjid ini.

Untuk memasuki kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, jika pengunjung ingin memasuki area tertentu seperti Menara Asmaul Husna, pengunjung diwajibkan membayar Rp 3.000 per orang untuk jam kunjungan antara pukul 08.00 – 17.30 WIB. Dan apabila pengunjung datang pada jam 17.30 – 21.00 WIB tarif tersebut meningkat menjadi Rp 4.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin menggunakan teropong yang terdapat di Menara Asmaul Husna itu, maka pengunjung harus mengeluarkan ongkos tambahan sebesar Rp 5000,- per menit.

Pada saat liburan, masjid banyak di kunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Bahkan beberapa turis manca negara, khususnya muslim banyak yang meluangkan waktu berkunjung ke masjid ini untuk beribadah sekaligus berwisata.

Berlibur Di Pulau Tidung

Bagi yang belum pernah melakukan snorkeling, bisa mencobanya di Pulau Tidung karena jenis olahraga satu ini sangat menyenangkan. Tempat menyelam di pulau tidung ini bisa digunakan untuk menghabiskan liburan. Setelah melepas penat dengan snokeling, bisa melepas penat dan lelah dengan menikmati malam di Pulau Tidung yang tenang di penginapan yang disediakan oleh Pulau Tidung.

Kenikmatan malam pulau Tidung bisa dirasakan dilengkapi pembelian paket wisata yang termasuk juga penginapan selama satu sampai dua malam di sana. Akan merasakan hal yang luar biasanya selama berwisata di Pulau Tidung yang menawan dan eksotis serta indah ini. Ketika wisatawan bermalam di sana, maka akan disuguhkan pesta api unggun yang langsung dipandu oleh pemandu wisata yang baik, ramah dan profesional. Selain itu, ada acara bakar-bakar ikan dari hasil bumi pulau Tidung juga memberikan warna tersendiri. Jangan heran jika kualitas ikan yang ada di sini rasanya enak dan lezat karena sebagaian besar masyarakat Pulau Tidung ini beprofesi sebagai nelayan dan turut membantu proses pengelolahan wisata.  Sungguh nikmat dan indah menikmati ikan bakar di pinggir laut lepas yang menyimpan keindahan tidak dapat diutarakan.

Keindahan untuk menikmati laut di Pulau Tidung pada pagi dan sore hari juga sangat indah karena disuguhi peristiwa sunsit dan sunrise. Sepoi-sepoi angin ketika malam juga memberikan suasana romantis jika berkunjung di jembatan cinta tepat di pulau indah ini. Jika membawa pasangan jangan sampai lupa untuk makanan ringan untuk dimakan ketika duduk-duduk atau sekedar ngobrol di atas jembatan cinta yang cukup terkenal ini. Suasana romantis akan lebih syahdu karena ditemani deburan ombak dan angin pantai sambil menginap di Pulau Tidung.

Awalnya, penginapan yang ada di Pulau Tidung ini hanya sebatas rumah penduduk namun saat ini dikembangkan menjadi penginapan yang nyaman dan murah baik untuk wisatawan dalam maupun luar negeri. Biasanya penginapan sekaligus dengan tempat wisata yang nanti akan dikunjungi selama di Pulau Tidung ini. Bisa memilih jenis penginapan sesuai dengan keinginan. Ada penginapan khusus satu orang ada juga yang lebih sesuai dengan paket wisata dari biro jasa wisata di Pulau Tidung ini.

Bisa memilih jenis penginapan yang ramai dengan harga paket yang jauh lebih murah. Perlu diingat, jangan mau jika tidur sekamar dengan wisatawan yang lain jika belum terbiasa untuk melakukannya. Pastikan untuk tidur bersama orang yang sudah dikenal agar terhindar dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan selama berlibur di Pulau Tidung ini.

Itulah keindahan dan kenikmatan yang dapat dirasakan selama berlibur di Pulau Tidung selama beberapa hari. Sebaiknya pilih paket wisata yang sesuai dengan budget yang ada, jangan memilih gengsi karena sudah di luar rumah yang hanya merugikan diri sendiri.

Berkenalan dengan Tempat Wisata Unik Di Singapore

Singapore ,negara kecil yang maju dan juga punya banyak destinasi  wisata yang menarik. Buat kamu yang mau traveling ke Singapore, ada beberapa tempat-tempat wisata nih yang menarik dan unik yang bisa kamu kunjungi waktu ke Singapore. Berikut Tempat Wisata di Singapore yang wajib kamu datengin!

Sentosa Island

Sentosa Island merupakan tempat wisata di Singapore yang letaknya terpisah dari Singapore. Sentosa Island di desain sebagai tempat wisata yang mempunyai beragam tempat yang menarik. Di pulau ini ada kasino dan berbagai hiburan lainnya, letak Univesal Studio Singapore juga disini loh. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menggunakan kereta gantung, naik MRT lalu jalan melalui mall VivoCity ataupun bisa menaiki bis. Kita saranin kamu naik kereta gantung karena seru banget bisa liat pemandangan Singapore dari atas tapi bayarnya agak mahal, kalau mau gratis lewat mall VivoCity jalan kaki sekitar 500m aja kok.

Haw Par Villa

Salah satu tempat wisata di Singapore yang unik lainnya adalah Haw Par Villa. Ketika mendengar namanya mungkin kamu kurang familiar ya karena tempat ini memang belum terlalu terkenal. Haw par Villa merupakan tempat wisata Budaya Cina yang ada di Singapore. Yang menjadikan tempat ini unik yaitu adanya 150 diorama yang banyak menceritakan kisah rakyat Cina dan kisah mengenai neraka, hiii! 😮  Selain itu, di Haw Par Villa juga terdapat 1000 patung juga loh. Untuk masuk kesini, kamu tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis, yang suka gratisan wajib kesini nih 😀

Gardens By The Bay

Satu lagi tempat wisata di Singapore yang unik yaitu Gardens By The Bay. Sesuai namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah kebun yang banyak dihiasi oleh pohon. Letak dari taman ini yaitu di Marina Bay. Taman ini unik karena keberadaan pohon-pohon buatan setinggi 16 lantai gedung, bisa dibayangin ga gimana gedenya? 😀 Nah pohon buatan ini berguna untuk menampung air hujan dan juga panas matahari. Berkunjung ke taman ini lebih seru pas malam hari karena pemandangannya dijamin indah pake banget. Oh ya, setiap pohon buatan di sambung dengan menggunakan jembatan, jadi kamu bisa berkeliling diatas jembatan tersebut, asik kan! 😀

Singapore Flyer

 

Tempat wisata di Singapore yang menarik selanjutnya yaitu Singapore Flyer. Singapore Flyer merupakan wahana bianglala yang terbesar di dunia. Singapore Flyer ini mempunyai 28 kabin dengan kapasitas maksimum 15 orang. Tinggi dari wahana ini yaitu 165 meter atau setara dengan tinggi gedung bertingkat 42, jadi kamu jangan bandingin deh sama komedi puter di pasar malem, pasti jauh banget . Untuk menaiki wahana ini, kamu harus membayar sekitar 350 ribu rupiah, sedangkan lama menaikinya sekitar 30 menit. Kamu bisa menikmati pemandangan Kota Singapore dari atas wahana ini dengan leluasa. Untuk kesana kamu harus naik MRT dan turun di stasiun Promenade.

Henderson Waves Bridge

Tempat wisata unik yang terakhir di Singapore adalah Henderson Waves Bridge. Sesuai dengan namanya, Henderson waves Bridge merupakan jembatan dengan bentuk yang unik seperti gelombang. Kalau kamu berminat sebaiknya datang di malam hari karena pemandangannya dijamin lebih indah. Dari atas jembatan kamu bisa menikmati pemandangan malam di Singapore. Letaknya dekat dengan Henderson Road.

Nah itu dia Tempat Wisata di Singapore yang diulas kali ini. Beberapa tempat wisata di Singapore mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri dan wajib buat kamu kunjungi.  Akhir kata, Selamat traveling dan jika kamu membutuhkan jasa tour wisata ke Singapore, kamu bisa menghubungi kita Sumitra Tour.

Liburan ke Bromo? Coba baca Tips berikut!

Kamu berencana berlibur ke Bromo? Jangan terburu-buru. Kamu perlu mengetahui beberapa hal sebelum kamu berangkat berlibur. Berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu tahu ketika hendak berlibur ke Bromo.

Waktu terbaik untuk berkunjung

Berencana liburan ke Bromo dalam waktu dekat? Pertimbangkan kembali rencana kamu. Karena waktu terbaik berkunjung ke Bromo adalah saat musim kemarau.

Mengunjungi Bromo pada musim kemarau dianggap waktu paling tepat karena pada waktu tersebut cuaca sangat cerah, tidak mendung. Sunrise pun terlihat dengan sangat jelas. Bukankah sunrise menjadi tujuan utama ke Bromo? Sangat disayangkan jika kita melewatkan golden sunrise Bromo.

Perlu menyewa jeep atau tidak?

Sebelum memutuskan untuk menyewa Jeep, darimanakah kamu akan mulai perjalanan? Karena harga sewa jeep menyesuaikan tempat keberangkatan. Sewa jeep dari Wonokirti Pasuruan dan Cemoro Lawang Probolinggo jauh lebih murah daripada kamu menyewanya dari Malang atau Surabaya. Oke, kita anggap kamu memulai perjalanan dari Malang.

Nah, keputusan untuk menyewa jeep atau enggak, semua tergantung kamu. Kalau kamu traveling rame-rame (lebih dari 4 orang), lebih murah kalau sewa jeep. Paket sewa jeep dengan tujuan Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Padang Savana dari Malang dibanderol dengan harga sekitar 1.250.000 Rupiah.

Namun, jika kamu traveling hanya berdua, sewa motor lebih hemat. Banyak persewaan motor di kota Malang. Sewalah motor jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Malang. Jadi, ketika kamu sampai, motor telah siap. Biaya sewa motor per hari sekitar 80.000 Rupiah. Itu masih belum termasuk bensin.

Penginapan selama di Malang

Jika kamu berangkat ke Bromo dari Malang dan memutuskan untuk menyewa jeep, lebih baik kamu menginap di Malang. Meski nggak banyak pilihan penginapan murah selayaknya di Jogja, tapi ada beberapa hotel yang cukup nyaman.

Malang ke Bromo

Perjalanan ke Bromo memang lebih mudah jika kamu menyewa jeep. Kamu hanya perlu menunggu di penginapan, lalu jeep menjemput dan membawamu ke Gunung Bromo. Biasanya, bapak supir jeep akan menjemput kamu pada tengah malam. Jadi, kamu nggak akan kelewatan menyaksikan sunrise.

Selama seharian penuh, bapak sopir jeep akan mengajakmu berkeliling Bromo. Mulai dari menyaksikan sunrise di penanjakan, bermain-main di pasir berbisik, ke kawah Bromo, dan jangan lupa foto-foto cantik di padang Savana. Setelah kamu puas, si bapak supir Jeep mengantar kamu kembali di penginapan Malang.

Sedangkan bagi kamu yang memutuskan untuk menyewa motor, perjalanan ke Bromo kamu sedikit lebih panjang dan menantang. Tapi, saya jamin, kamu akan memperoleh pengalaman traveling yang tak kalah seru.

Perjalanan dari Malang ke Bromo dengan motor memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Jalur yang kamu tempuh cukup panjang dan berliku. Pemandangan pedesaan, sawah, dan hutan-hutan akan menemani perjalananmu.

Karena tujuan wisata Bromo kamu adalah sunrise, lebih baik kamu mencari penginapan di sekitar Bromo, bukan di Malang. Pagi dini hari, kamu bisa melanjutkan perjalanan dari penginapan ke penanjakan Bromo. Sangat riskan jika naik sepeda motor dini hari demi mengejar sunrise.

Jika kamu perlu menggunakan paket wisata untuk berlibur ke Bromo, Sumitra Tour menyediakan paket wisata ke Bromo. Kamu bisa cek di www.sumitratour.co.id

Masih Menolak Liburan ke Karimunjawa? Coba Cek ini deh…

Karimunjawa merupakan areal gugusan kepulauan. Bayangkan, ada 27 pulau kecil yang totalnya seluas 1.500 hektar.  Lokasinya di kawasan Jepara Jawa Tengah dan masuk bagian utara pantai pulau Jawa.

Dari gugusan pulau itu, hanya lima pulau yang ternyata berpenghuni sementara yang lainnya masih kosong. Pulau yang sudah ada penduduknya yaitu Kemujang, Genting, Karimunjawa, Nyamuk dan Parang. Kendati pun sebagian besar pulau-pulau di Karimunjawa tidak berpenghuni, wisatawan sering mendatangi pulau tersebut untuk menikmati keindahan alam, termasuk pantainya yang elok dan ombaknya yang jinak.  Ambil contoh Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Galeyang dan Pulau Cemara Besar .

Saat ini turis asing menjuluki Karimunjawa kondang sebagai Carribean of Java-nya Indonesia. Lokasinya memang lumayan jauh, tetapi Anda tidak akan pernah merasa rugi. Transportasi untuk menjangkau Karimunjawa bisa Anda dapatkan, termasuk alternatif transportasi laut atau pun udara.

Masih ragu-ragu? Nah, berikut ada beberapa alasan yang mungkin bisa “mengoda” Anda melancong ke Karimunjawa

Laut dan Pantainya yang Indah

Alasan utama tentu saja karena pemandangan laut yang indah. Anda bisa berjalan-jalan di pantai  berpasir putih dengan  memandang laut yang jernih kebiruan. Belum lagi angin sepoi-sepoi dan udara laut yang segar. Bisa menyehatkan paru-paru.

Untuk pemandangan pantai yang indah, Anda bisa mengunjungi Pantai Tanjung Gelam di Karimunjawa. Pantai ini terkenal dengan pohon kelapa miringnya. Anda tentu bisa bebas ber-selfie sepuas hati di tempat ini. Laut di kawasan ini juga cukup dangkal, jadi  tempat yang sangat cocok bila Anda membawa anak-anak.

Surganya Terumbu Karang

Bicara keindahan Karimunjawa tentu berhubungan erat dengan keindahan dalam lautnya.  Karimunjawa kaya akan terumbu karang and menurut informasi, ada 90 jenis terumbu karang yang merumahkan diri di Karimunjawa. Belum lagi 400 spesies fauna laut yang pasti mengoda Anda untuk tetap berlama-lama di dalam laut.

Bila menyelam adalah hobi Anda, Pulau Menjangan Kecil di Karimunjawa bisa jadi pilihan yang tepat.  Pulau ini surganya alam bawah laut. Menariknya lagi lokasi keindahan bawah laut itu tidak terlalu jauh dari permukaan laut, sehingga Anda tidak perlu usaha ektra.

Kaya Fauna

Ini salah satu alasan kuat mengapa Anda harus lakukan wisata ke Karimunjawa. Betul, Anda bisa menyaksikan bagaimana satwa liarnya hidup secara normal di alam.

Karimunjawa memang surganya para satwa liar yang banyak diantaranya hampir punah. Misalnya saja elang laut dada putih, penyu sisik, penyu hijau, rusa dan aneka jenis burung.  Menarik bukan?

Bisa Berenang dengan Hiu

Jangan bayangkan film Jaws yang menceritakan orang-orang dikejar hiu dan harus bertahan hidup.  Hiu di Karimunjawa merupakan hiu jenis Blacktip Reef yang sangat mudah ditemukan di perairan, apalagi sekitar Pulau Menjangan Besar.   Hiu jenis ini lumayan jinak loh.

Karimunjawa juga memiliki penangkaran hiu yang dibuka untuk umum di Pulau Menjangan Besar. Penangkaran ini juga mengizinkan turis berinteraksi dengan hiu, termasuk berenang bersama. Tentu saja dengan didampingi oleh staf penangkaran. Wahhhh…

Diving di Kapal Karam

Gugusan pulau Karimunjawa ini ternyata memiliki dasar pantai yang rendah sehingga rawan untuk kapal yang melintas. Yup, Karimunjawa ternyata banyak memiliki kuburan kapal karam yang bisa dikunjungi para divers.

Perairan Pulau Genting misalnya memiliki bangkai kapal karam dari Cina. Anda bisa menemukan pecahan keramik kuno di lambung kapal bila kebetulan melakukan diving di tempat tersebut.

Selain kapal dari Cina, juga ada kapal dari Panama Indono yang karam di dekat Pulau Kemujan. Kapal ini ukurannya dua kali kapal ferry Indonesia dan sudah menjadi rumahnya ikan beraneka warna dan jenis.

Selain Panama Indono, Pulau Kemujan juga memiliki bangkai kapal karam asal Belanda yang sebelumnya pengangkut batu bara.

 

Nah, tunggu apa lagi? Kemasi koper dan mari wisata ke Karimunjawa. Eits, tapi tunggu dulu, bagi Anda yang tidak punya waktu untuk mempersiapkan perjalanan atau butuh panduan berlibur ke Karimunjawa, tidak ada salahnya untuk mengecek paket wisata yang ditawarkan oleh Sumitra Tour. Silahkan cek www.sumitratour.co.id untuk info lebih lengkap!

Wisata popular di China

China mempunyai banyak tempat wisata yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya dan keelokannya, bahkan tempat wisata di China banyak yang mendunia. Tidak mengherankan jika negara China dijadikan sebagai tujuan wisata bagi wisatawan di dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.

Berikut ini beberapa tempat wisata di China yang paling populer :

Tembok Besar China

Bangunan Tembok Besar China adalah bangunan yang didirikan dari tembok-tembok kecil yang disusun, pembangunan tembok besar tersebut melibatkan berbagai dinasti China dan selama bertahun-tahun lamanya. Tujuan didirikannya tembok besar China itu adalah untuk perlindungan dari invasi orang-orang dari sebelah utara. Selain keunikannya, Tembok Besar China mengandung sejarah dan sejarah tersebut telah berlangsung lebih dari 2.000 tahun lamannya. Panjang dari tembok besar China adalah 8.800 km. Sayangnya ada beberapa bagian Tembok Besar China yang sudah rusak atau sudah runtuh. Bangunan ini dinobatkan sebagai bangunan yang didirikan oleh tangan manusia dan terpanjang di dunia.

Jiuzhaigou

Tempat wisata ini berupa lembah dan digambarkan sebagai lembah yang ada di negeri dongeng sebab di lembah itu banyak sekali air terjunnya, terdapat pegunungan karst dan tertutup salju, pirus dan ada danau dengan warna air hijau. Air di danau tersebut sangat jernih sehingga pengunjung yang ada di sana bisa melihat dasar danau itu. Danau tersebut adalah daya tarik bagi pengunjung yang ada di sana.

Yangshuo

Tempat wisata di China yang asyik dikunjungi adalah Yangshuo. Disini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, eksotik da juga keren. Yangshuo adalah tempat wisata yang dijadikan pesinggahan sebelum pengunjung mengambil perjalanan menuju ke Guilin. Tempat wisata ini menjadi favorit bagi wisatawan dikarenakan memiliki berbagai jenis akomodasi dengan harga yang murah. Wisatawan bisa bersantai disini dan menikmati berbagai macam keindahan alam yang indah dan pemandangan berupa pegunungan karst.

Beijing

BeijingSebagai ibukota China tentu Beijing memiliki potensi wisata yang menarik. Kota Beijing merupakan kota yang populer dan menjadi ikon wisata di China yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi tempat ini namun wisatawan dari mancanegara pun banyak yang mengunjungi tempat ini.

Di kota Beijing anda bisa menemukan beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi misalnya saja adalah Tianamen Suare, Museum Nasional China dan Kota Terlarang. Kota Terlarang adalah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kota Terlarang

Salah satu wisata yang terkenal adalah Kota Terlarang. Kota Terlarang adalah istana dari kekaisaran dinasti Ming dan Qing. Skala dari Kota Terlarang adalah 720.000 meter persegi, luas dari Kota Terlarang ini adalah 150.000 meter persegi dengan perumahan sekitar 980 dinobatkan sebagai istana kuno terlarang dan terlengkap di dunia. Kota terlarang itu dibangun sejak tahun 1406 sampai dengan tahun 1420. Kota terlarang didominasi dengan warna merah dan warna emas dilengkapi dengan ukiran khas dari dinasti China. Warna-warna tersebut akan mendominasi arsitek bangunan yang ada di dalam istana kota Terlarang.

Istana Potala

Istana Potala merupakan tempat untuk kegiatan berpolitik, kegiatan untuk beragama dan juga tempat tinggal bagi Dalai Lama Tibet dari waktu ke waktu. Skala dari istana ini sangat besar yaitu dilapisi dengan tiga lapis pagar tembok. Dalam istana tersebit pengunjung akan melihat seribu balairung.

Di dalam Istana Potala ada Istana Merah dan menjadi bagian utama dari Istana Potala. Di dalam Istana Merah ada balai pagoda arwah Dalai Lama dari berbagai macam zaman dan berbagai ruang untuk pemujaan Buddha. Balai pagoda yang paling indah adalah Balai Pagoda Arwah Dalai Lama V Losan Jiacuo. Tinggi dari pagoda tersebut sekitar 15 meter. Dasar dari pagoda bentuknya adalah persegi dan atap dari pagoda berbentuk bundar. Jenazah dari Dalai Lama V disimpan dalam pagoda tersbeut dan juga diawetkan menggunakan bahan pewangi dan bahan pengawet lainnya.

Victoria Harbour

Victoria Harbour ini berupa dermaga atau pelabuhan yang paling besar di Hong Kong. Bisa dikatakan bahwa Victoria Harbour ini adalah akses untuk bisa masuk ke negeri China atau negeri tirai bambu. Victoria Harbour adalah keajaiban yang dimiliki oleh Hong Kong. Victoria Harbour begitu spesial dikarenakan disini wisatawan bisa melihat kota Hong Kong dari dekat. Hong Kong akan terihat sangat menawan ketika dilihat dari dermaga Victoria. Kota Hong Kong mendapatkan devisa dari para wisatawan yang datang ke dermaga ini, baik mereka yang datang menggunakan kapal komersial maupun wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar pribadi.

Pudong Skyline

Tempat wisata yang menarik lainnya di China adalah Pudong Skyline. Pudong Skyline merupakan distrik yang ada di Shanghai tepatnya berada di sisi sebelah timur Sungai Huangpu.

Tempat wisata ini dikenal dengan pusat keuangan serta bisnis yag bersifat komersil di negara China. Pengunjung yang datang kesini akan ditunjukkan dengan berbagai macam bangunan yang menawan.

Pengunjung bisa melihat berbagai macam bangunan yang menawan seperti Oriental Pearl Tower, Mo Building Jin, Shanghai World Financial Center dan ada menara Shanghai disini.

Mount Huang

Mount Huang adalah tempat wisata di China yang populer. Gunung ini ada di China bagian timur. Orang sekitar menyebutnya dengan Yellow Mountain. Wisata ini terkenal sebab pemandangan di gunung Huang yang sangat menawan. Pengunjung bisa melihat deretan pohon pinus, adanya granit di gunung Huang dan awan yang indah di atas gunung.

Gunung Huang memiliki banyak puncak gunung, namun diantara banyak puncak itu ada 3 puncak tertinggi dan paling terkenal yaitu Lotus Peak dengan tinggi 1.864 meter, Bright Summit Peak dengan tinggi 1.840 meter dan Heavenly Capital Peak dengan tinggi 1.829 meter. Agar kelestarian gunung tetap terjaga tiap 5 tahun sekali puncak gunung tersebut akan ditutup secara bergantian. Untuk Lotus Peak ditutup mulai dari tahun 2013 dan ditutup selama 5 tahun lamanya.

Leshan Giant Buddha

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata berupa patung Buddha raksasa. Pembuatan patung ini dengan cara diukir mulai dari wajah tebing di Sichuan. Pembuatan patung Buddha tersebut dimulai pada tahun 713 dan belum berakhir pada tahun 803. Penyelesaian patung ini membutuhkan waktu lebih dari 90 tahun lamanya. Selama tahun pembuatan tersebut ribuan pekerja telah mengeluarkan keterampilan, kemampuannya dan mengeluarkan harapannya ketika membuat patung tersebut.

Gua Mogao

Gua Mogao sendiri merupakan gua yang dipenuhi ukiran paling terkenal di negara China, letak gua ini ada di samping Gua Longmen dan Gua Yungang. Ketiga gua ini adalah situs arca Buddha paling masyhur di China. Ketiga gua tersebut terkenal berkat keindahan lukisan di dinding gua. Gua Mogao dijadikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO PBB pada tahun 1987.

Itulah beberapa tepat wisata di China yang menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang membutuhkan biro perjalanan untuk wisata di China anda bisa menghubungi kami.

Hidden Canyon Cantik Milik Gianyar

Kamu sudah liburan ke Bali? Wisatawan biasanya piknik ke wisata pantai atau pegunungan. Tapi semua tempat itu mungkin sudah terlalu mainstream buat kamu yang pelesir ke Pulau Dewata.

Kalau kamu mau liburan ke tempat yang anti mainstream, Hidden Canyon di Gianyar bisa jadi pilihanmu, nih..

Tebing setinggi 30 meter dengan celukan yang terkenal dengan sebutan hidden canyon ini terletak di area Sungai/Beji Guwang dekat Pura Dalem Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali. Kata Beji merupakan kata dalam Bahasa Bali yang memiliki arti sungai yang dianggap suci. Sungai ini memang dianggap suci karena terdapat beberapa sumber mata air suci disini.

Beji Guwang memiliki sebuah aliran sungai yang diapit oleh tebing tajam di samping kanan dan kirinya. Air sungai bening berwarna kebiruan dengan ornamen batu kali hitam kecoklatan ini membingkai cantik khas pemandangan hidden canyon. Cantik !!

Untuk menuju Pura Beji Guwang tidaklah terlalu sulit, karena letaknya tidak jauh dengan Pasar Seni Sukawati, Gianyar. Jarak dari Pasar Seni Sukawati sekitar 5 km, atau 25 km dari kota Denpasar. Hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Kota Denpasar apabila anda melewati By Pass Ida Mantra.

Dari By Pass Ida Bagus Mantra belok ke kiri menyusuri Jalan Ketewel dan Guwang. Ketika melintasi jalan raya Guwang, perhatikan patung garuda disebelah kanan jalan. Beloklah ke kanan, 500 meter dari patung garuda ini anda akan menemukan Pura Dalem Guwang. Sesampainya di Pura Beji Guwang pengunjung harus menuruni 30 anak tangga dan berjalan sejauh kurang lebih 500 meter.

Kamu juga harus melewati bebatuan dan berpegangan pada dinding tebing untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Perjalanan yang menguras tenaga ini akan terbayar dengan panorama cantik si hidden canyon dan beningnya Beji Guwang.

Oiya, di dekat Hidden Canyon ini anda juga akan menemukan pura dan pancuran air suci yang dapat anda gunakan untuk berbilas setelah mengunjungi Hidden Canyon. Pancuran air ini mengalirkan air langsung dari sumber mata air yang muncul dipermukaan tanah. Berpakaianlah yang sopan ketika mengunjungi tempat ini karena area ini termasuk area yang disakralkan. Kamu tak perlu repot membawa terlalu banyak bekal karena di sekitar sumber air suci ini juga terdapat penjual makanan dan minuman. Tapi jangan lupa bawa kembali sampah mu ya guys ketika berlibur ke Hidden Canyon ini.

Kalau kamu butuh teman/orang untuk mengantarmu tour, kamu bisa hubungi kita.

Mengenal Masjid-Masjid Pathok Negara Yogyakarta

Pathok yang dalam bahasa Jawa artinya yaitu tonggak penanda tapal batas. Bermula ketika Sultan Jogja, Sultan Hamengkubuwono I berguru kepada Kyai Muhammad Faqih dan meminta nasihat kepada beliau tentang upaya untuk menjaga agar kesultanan Jogja senantiasa aman sentosa. Salah satu dari nasihat Kyai Muhammad Faqih kala itu adalah agar Sultan mengangkat Pathok Pathok negara.

Pathok yang dimaksud oleh Kyai Muhammad Faqih ketika itu adalah Para ulama yang bertugas memberikan pendidikan moral kepada masyarakat yang dapat mengajar dan menuntun akhlak dan budi pekerti. Kyai Muhammad Faqih sendiri pada ahirnya juga diangkat sebagai Pathok oleh Sultan Hamengkubuwono I. Dan salah satu masjid Pathok Negara Jogya, yaitu Masjid Pathok Negara Taqwa Wonokromo didirikan pertama kali oleh Kyai Muhammad Faqih di atas tanah perdikan pemberian Sultan Jogya.

Selain sebagai guru Sultan Jogya, Kyai Muhammad Faqih juga merupakan kakak ipar dari Sultan Hamengkubuwono I, dari keterkaitan kekerabatan mereka terhadap Ki Ki Derpoyudo karena Kyai Muhammad Faqih menikah dengan putri pertama Ki Derpoyodi sedangkan Sultan Hamengkubuwono I menikah dengan putri ke dua Ki Derpuyudo.

Ada lima Masjid Pathok Negara yang hingga kini masih berdiri kokoh menjalankan fungsinya untuk masyarakat Yogya, yaitu :

  • Masjid Pathok Negara Sulthoni Ploso Kuning, batas utara, terletak di Desa Minomartani, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Masjid Jami Nur Mlangi, batas negara di bagian barat terletak di Desa Mlangi, Kec. Gamping, Kab. Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Masjid Pathok Negara Ad-Darojat Babadan, batas negara bagian timur terletak di Desa Babadan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan Masjid Sultan Agung di di Jalan kaliurang km 7 babadan baru condongcatur depok sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Masjid Pathok Negara Nurul Huda, batas negara di bagian selatan terletak di Dukuh Kauman, Dusun Dongkelan, Desa Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Masjid Pathok Negara Taqwa Wonokromo, juga merupakan batas negara di selatan terletak di desa Desa Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain arsitekturnya yang mirip Masjid Agung di Kauman, masjid-masjid patok negara itu menjadi pusat keagamaan di empat penjuru Jogja. Ada pesantren atau sekolah keagamaan di masjid yang abdi dalem pamethakan itu. Masjid patok negara juga khas karena tidak dijumpai di Keraton Surakarta.

Arsitektur Masjid Pathok Negara khas Jawa ditandai dengan atap tumpang gasal, denah bujur sangkar atau persegi panjang, dengan batur lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Ciri lain, ada serambi, ruang pawestren, mihrab, mimbar, beduk, dan kentongan. Umumnya juga dilengkapi maksura sebagai tempat salat raja. Di masjid itu juga ada kolam keliling.

Kamu Solo Traveler? Harus Coba kesini deh..

Susah nyari temen travelling? Yasudah, solo traveling saja.  Mungkin awalnya keliatan menyeramkan, tapi percaya deh, kamu bakal belajar banyak saat solo traveling. Kamu juga bisa booking hotel  di mana pun sesuka hati karena nggak perlu mempertimbangkan kebutuhan teman seperjalanan. Buat yang kepengen solo traveling, kita rekomendasiin destinasi yang bisa kamu datengin, nih.

Kuala Lumpur

Kota ini cukup aman, modern, dan jadi melting pot berbagai budaya di Malaysia. Kalau suka shopping, daerah Bukit Bintang bisa jadi tujuan utama kamu. Jangan lupa juga datang ke local market yang jual berbagai kesenian dan handicraft. Serunya lagi, ada banyak festival meriah yang sering diselenggarakan di Kuala Lumpur.

Bangkok

Kota yang satu ini sering disebut sebagai Venice of the East. Selama di Bangkok, kamu bisa coba nikmatin suasana yang kental banget dengan Buddhist culture. Nggak ada ruginya buat mengeksplorasi kuil-kuil di Bangkok karena tiap kuil punya kecantikan dan keunikannya tersendiri. Urusan akomodasi mulai dari booking hotel, transportasi, sampai makanan terbilang cukup murah di Bangkok.

Seoul

Siapa di sini penyuka Korea? Kalau kamu salah satunya, Seoul jelas harus kamu masukin dalam travel bucket list. Salah satu kota terbesar di dunia ini emang unik banget. Kamu bisa berjalan-jalan di Bukchon Village atau hiking di Bugaksan Mountain, dan menikmati makanan enak dengan pemandangan keren.

Taipei

Taipei juga salah satu kota buat liburan paling asyik di dunia. Nggak heran sih, kota ini akan memanjakan perut kamu dengan berbagai snack dan makanan populer asli Taiwan yang udah mendunia. Pasar malam di sini juga keren-keren, lho. Harga penginapan dan makanan di Taipei mungkin lebih mahal dari kota-kota lain di mainland China, tapi masih lebih murah dibandingkan Jepang.

Melbourne

Melbourne itu salah satu kota di Australia yang spesial banget. Kota ini terkenal dengan street art-nya yang keren. Pantai-pantai di Melbourne juga keren-keren lho. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Bondi Beach. Mau keliling Melbourne juga gampang, kamu bisa jalan kaki atau naik sepeda. Mau naik public transport juga bisa karena harganya relatif murah.